Sebagai salah satu bentuk pembelajaran melalui pendekatan scientific ( ICT, T-PACK) dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), berbasis 4C. Dalam kegiatan pembelajaran Pada tanggal 23 Oktober 2021, Topik Persamaan kuadrat dan sub topik akar-akar persamaan kuadrat dengan memfaktorkan dilaksanakan di Lab. Komputer.
Pengalaman Belajar
Dengan Bahan ajar dan LKPD serta melalui pendekatan scientific (ICT, T-PACK) dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), berbasis 4C, literasi, dan PPK serta menggunakan metode diskusi, tanya jawab dan penugasan, peserta didik dapat:
- Mengidentifikasi bentuk umum persamaan Kuadrat dengan benar.
- Menentukan persamaan kuadrat dengan memfaktorkan dengan benar.
- Menyelesaikan masalah akar persamaan kuadrat dengan memfaktorkan dengan tepat.
Pembelajaran
Mari Mengingat Kembali
Di kelas VII, kalian sudah mempelajari tentang Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV), yaitu persamaan satu variabel dengan pangkat tertinggi variabelnya adalah satu. Contoh:
𝑥 + 1 = 0
2𝑥 – 5 = 0
3𝑥 = 9
𝑥 merupakan variabel
2𝑥 – 5 = 0 => 5 pindahkan ke sebelah kanan tanda “=“ menjadi + 5
2x = 5 => 2 pindahkan ke sebelah kanan tanda “=“ menjadi : 2
x = 5/2 => Jadi, penyelesaian dari 2𝑥 – 5 = 0 adalah x = 5/2
Selanjutnya perhatikan cara menentukan nilai x dari PLSV berikut.
2x = 0 + 5
Mari Menyimak
Bentuk Umum Persamaan Kuadrat :Persamaan kuadrat adalah persamaan yang variabelnya memiliki pangkat tertinggi sama dengan dua (2)
Jenis-Jenis Persamaan Kuadrat :
Mari Menyimak :
Menyelesaikan Persamaan Kuadrat dengan Pemfaktoran
Faktorisasi adalah penjumlahan suku aljabar menjadi bentuk perkalian faktornya. Jika kamu melakukan faktorisasi persamaan kuadrat, artinya kamu membuat perkalian dua buah persamaan linear.
ax 2 + bx + c = 0
b = hasil penjumlahan antara suku ke-1 dan ke-2
c = hasil perkalian antara suku ke-1 dan ke-2
Perhatikan contoh berikut.- Bentuk persamaan kuadrat: x 2 + 5 x + 6 = 0
- Bentuk persamaan kuadrat: x 2 – 9 = 0
Bentuk faktorisasi: ( x + 3) ( x + 2) = 0
Akar: x = -3 atau x = -2
Bentuk faktorisasi: ( x – 3)( x + 3) = 0
Akar: x = 3 atau x = -3
selain cara pemfaktoran kita bisa mencari akar-akar persamaan kuadrat tersebut menggunakan aplikasi. sangat banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk mencari akar-akar persamaan kuadrar tersebut. salah satunya kita bisa memanfaatkan Portal Rumah Belajar. salah satu fitur yang bisa kita gunakan adalah Laboratorium Maya untuk menyelesaikan persamaan kuadrat tersebut dengan langkah -langkah sebagai berikut: Cara Menggunakan Laboratorium Maya untuk Menyelesaikan persamaan Kuadrat
1. kita buka portal rumah belajar dengan melalui link belajar.kemdikbud.go.id
2. kita pilih laboratorium maya
3. kita pilih grafik persamaan kuadrat dan klik lakukan percobaan sekarang
4. selanjutnya kita masukkan nilai a, b, dan c sesuai dengan persamaan yang akan kita cari penyelesaian akar-akar persamaan kuadrat nya dan klik penyelesaian makan jawaban akan muncul. contonhya pada persamaan kuadrat diatas kita dapatkan bahwa a=1, b=5 dan c=6 kita masukkan kedalam labratorium maya dan hasilnya adalah x=-2 dan x=-3
Tentukan aka-akar persamaan kuadrat berikut menggunakan faktorisasi lalu cocokan hasilnya menggunakan Lab Maya:
- x 2 – 16x + 55 = 0
- x 2 – 4x - 32 = 0
- x 2 + 10x + 24 = 0
Sumber belajar
- Buku siswa:
- Agus, Nuniek Avianti. 2008. Mudah Belajar MATEMATIKA Kelas IX, Jakarta : Pusat Perbukuan Depdiknas
- Muliati, Rahmi dkk. 2020. Matematika Paket B Setara SMP/MTs Kelas IX Modul Tema 12 : Mengelola Tempat Parkir. Jakarta : Ditjen PAUD dan Dikmas–Kemdikbud
- Subchan, dkk. 2018. Matematika Kelas IX, Semester 1.Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
- Situs Internet:
- Adistiana, Karina Dwi.2018. Matematika Kelas 9 | Menyelesaikan Persamaan Kuadrat. https://www.ruangguru.com/blog/menyelesaikan-persamaan-kuadrat/ (diakses 1 Oktober 2021)
- Santoso, Agus. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/Drs.%20Agus%20Santoso,%20M.Pd./Pers%20kuadrat.pdf (diakses 1 Oktober 2021)
- Sereliciouz. 2020. Persamaan Kuadrat – Matematika Kelas 9, https://www.quipper.com/id/blog/mapel/matematika/persamaan-kuadrat-matematika-kelas-9/ (diakses 1 Oktober 2021)
- Yatini, 2020. Persamaan dan Fungsi Kuadrat Serta Contoh Soal, https://tambahpinter.com/persamaan-fungsi-kuadrat/ (diakses 1 Oktober 2021)
- https://lektur.id/arti-diskriminan/ (diakses 1 Oktober 2021)
- https://maths.id/akar-akar-persamaan-kuadrat/ (diakses 1 Oktober 2021)
- https://blogmipa-matematika.blogspot.com/2017/08/model-matematika-berbentuk-persamaan-kuadrat.html (diakses 1 Oktober 2021)
- https://www.nanangsriyadi.online/2020/09/persamaan-kuadrat-laboratorium-maya.html (diakses 1 Oktober 2021)
- Video Pembelajaran :
- Le Gurules. 2019. Persamaan Kuadrat (1) - Penyelesaian Persamaan Kuadrat dengan Pemfaktoran, https://youtu.be/ifKomk5S-yo (diakses 1 Oktober 2021)
- Le Gurules. 2019. Persamaan Kuadrat (5) - Membuat persamaan Kuadrat baru, https://youtu.be/-x82qAunNic (diakses 1 Oktober 2021)
- Soul MathKu. 2021. BENTUK UMUM PERSAMAAN KUADRAT DAN JENIS-JENISNYA, https://youtu.be/lu9Y4YIeJzY (diakses 1 Oktober 2021)
- Soul MathKu. 2021. PENYELESAIAN PERSAMAAN KUADRAT DENGAN MEMFAKTORKAN, https://youtu.be/dqKlgquQG0E (diakses 1 Oktober 2021)
- Media Pembelajaran
- Pusdatin Kemdikbud. Persamaan kuadrat, https://vlab.belajar.kemdikbud.go.id/LabMaya/Play/6cad7412-deed-4638-92a9-dd6c05fa8853 (diakses 1 Oktober 2021)